PENGUSAHA SUKSES DI BISNIS EO

  Nama       : Muhammad Ferry Budiman Sumbayak

Lahir         : 1 Februari 1979

 Pendidikan : D3 MIPA USU

 Profesi    : Event Organizer

Jabatan   : Presiden Director PT  Kreasi Media Nusantara

Istri        : Rika Zulpiana

Anak     : Ali Muhammad Rifki Sumbayak

Hobi      : Menyantap buku, nonton film dan tipografi (suka font/huruf)

Alamat : Jl. PON-III No. 5Medan, Indonesia 20217

 Office   : Anak Medan Production PT. Media Kreasi Nusantara Jl. PON-III No. 5 Medan 20217                                                                                                            

Telp/Fax :     061-7353560 http://www.anakmedan.com

Muhammad Ferry Budiman Sumbayak adalah pengusaha EO (Event Organizer) yang terkenal berasal dari Medan. Pria bertubuh tinggi, rambutnya plontos, dan yang paling khas adalah jenggotnya yang tebal. Feri  “anak Medan” begitu komunitas entertainment maupun klien mengenalnya. Perjalanan pria kelahiran 1 Februari 1979 sampai ke dunia EO pun terbilang panjang dan berliku. Kiprah Ferry di bisnis EO belum lah terlalu lama. Ia  memulai bisnis ini pada 1 Juli 2003, delapan tahun yang lalu. Namun, mesti diakui perjalanan bisnisnya terbilang cepat menanjak. Dalam waktu singkat “anak medan event organizer” mampu menyejajarkan diri dengan EO-EO lain. Event demi event besar menjadi garapannya. Salah satunya event-event otomotif yang diadakan Suzuki. Begitu pula event music yang diadakan X-Mild. 

Intuisi  sebagai EO mulai terbangun ketika SMA V Medan. Pada waktu itu ia bersama teman-temannya selalu membuat acara-acara disekolahnya. Sewaktu kelas II SMA, ia mulai membuat menu website, dari situlah untuk pertama kalinya ia menghasilkan uang. Bermodal utak-atik dan bercengkerama dengan dunia Internet selama 6  tahun, laki-laki putra ke-4 dari 5 bersaudara ini menghasilkan kurang lebih 100 website perusahaan-perusahaan di kota Medan, Padang, Pekanbaru, Jakarta, Solo, Surabaya, Malang, hingga Penang dan Melbourne, Australia.  Ferry adalah lulusan program Diploma di MIPA USU. Selama kuliah, talenta dirinya dalam menjalankan EO semakin terasah dengan menggelar acara-acara di kampus. Dari pengalamannya membuat website, tiba-tiba ferry tertarik membuat website khas “Anak Medan” . Jadilah anakmedan.com yang diproyeksikan untuk komunitas anak medan baik di Medan maupun di perantauan lengkap dengan info dan souvenir khas Medan. Tak puas dengan dengan membuat website, ia lantas mengembangkannya sebagai EO. Saat bergabung dengan komunitas Underground, Ferry menggelar event “Medan Bawah Tanah III”. Nama “Anak Medan” pun dikibarkan. Dilanjutkan “Medan terbuka”  Through of Brutality. Tahun 2002, anakmedan.com terpilih sebagai situs terbaik komunitas oleh Majalah Komputer-Aktif. Ia juga meluncurkan MUG (Medan Underground) berisi profil band-band underground Medan waktu itu. Saat ini, Ferry mengelola situs komunitas EV yaitu EO Network. Member-nya tecatat 4.250 ketika tulisan ini diturunkan.  Lewat  jejaring ini, komunikasi dibangun oleh dan untuk EO se Indonesia.

Awalnya pekerjaan ferry adalah sebagai web designer dan programmer di nusa.net, sebuah perusahaan Internet Service Provider asli dari kota Medan, yang telah ‘berjasa’  menempah dirinya. Karena mulai sibuk dan keseriusan dalam berbisnis, Ferry akhirnya memilih untuk serius di bisnis EO. Jadilah pada Juni 2003 ia resign dari nusa.net. Pada tahun 2003 inilah,  Ferry mengawali keseriusan ber-EO. Ia mengontrak di Jalan DI Panjaitan sebagai kantor.  Tepat 1 Juli 2003, PT Media Kreasi Nusantara pun dibentuk di mana ia sebagai Presiden Komisaris. Bendera Anak Medan production pun dikibarkan.

Proses jatuh-bangun, jatuh lagi dan bangun lagi harus dilaluinya saat mengarungi dunia wirausaha di bidang jasa promosi ini. Pada tahun 2005-2006, AnakMedan Production sempat ‘menghentak’  sebagai salah satu EO yang cukup diperhitungkan di kota Medan, dengan menggandeng Unilever, raksasa consumer goods dunia dan beberapa agency dan EO top ibukota sebagai mitra kerja.

Sejak itu, perusahaan jasa organisasi event ini berkembang perlahan tapi pasti mengikuti motto yang dianutnya: Big Dream, Small Step. Enam sampi tujuh event ditangani. Tahun 2006 akhir Anak Medan Production menangani road show 4 kota di Sumut grup musik rif. Inilah kerja awal pihaknya memangani dari A sampai Z  event musik akbar

Tahun 2007, ia menggelar Medan Art Festival serta Medan Motor Show yang merupakan obsesi dari hobinya.  Ia mengalami kerugian  ratusan  juta  rupiah, tetapi  Ferry  tidak  menyesal. Ia  pun  pindah kantor, balik ke rumah di Jalan PON III pada Juli 2008 demi efisiensi.

Faktor dan kesimpulan

Dalam menjalankan sebuah bisnis, seseorang harus menguasai  benar-benar usaha yang sedang dijalaninya,  terlebih lai jika terjadi masalah, seorang pengusaha harus menghadapinya dengan tenang dan lapang dada. Selalu terus berusaha meskipun meskipun bisnisnya jatuh bangun. Karena kunci untuk menjadi seorang pengusaha sukses adalah tidak takut menghadapi kegagalan, terus berjuang dan tidak pernah menyerah.

Seperti ferry, walaupun sibuk sebagai EO, ia selalu mengatur waktunya agar selalu dekat dengan Tuhan yaitu dengan melaksanakan solat 5 waktu dan ikut pengajian. Alasannya event itu berkonotasi dengan dunia hura-hura, Ia hanya ingin ada satu cara untuk menetralisir.  Artinya, ia ingin membangun keseimbangan dunia dan akhirat di dalam pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari. ferry percaya, bagaimanapun rincian rencana disusun dan matangnya perencanaan sebuah event , ketentuan akhir ada di tangan Tuhan, maka itu menurutnya Allah harus selalu didekati bukan dijauhi. Ia juga percaya bahwa agama adalah sumber kreatif dan Allah SWT Sang Maha Kreatif. Dalam obsesinya, ferry ingin membuat senang dan memudahkan hidup orang. Memiliki obsesi-tapi tidak terlalu memaksa diri, lebih berserah, lebih melibatkan Tuhan lebih banyak di kehidupannya, untuk menggapai ‘Spiritual Quality’ yang lebih baik dalam persiapan menuju jalan untuk pulang.

2 Responses so far »

  1. 1

    Dear Valued Customers

    Warmest Greetings from Grand Sanur Seafood Restaurant

    When the fresh seafood meet with the first class cooking

    Grand Sanur Chinese Cuisine and Seafood Restaurants was established since June 2011 in Bali and offers a new concepts of Chinese Food. The segmentation of Grand Sanur Restaurants is the middle up class consisting youngsters to family. Grand Sanur also the most popular “Halal” seafood restaurant was created to offer guests a complete dining experience with its relax ambience and top-of-the-notch culinary expertise.

    Chinese Food concept was chose because it has varied of menus. Besides that, Chinese Food is one of the most favorable cuisines which own the biggest market range in the world, especially in Indonesia. Located at one of the best location in Bali . Only 10 minutes drive from Ngurah Rai Airport Bali to reach the tourist Hot spot area (Kuta). The large parking area will welcome you to dine in during our business hours.

    Grand Sanur Restaurants not only serves highly tasted class of menu with premium selected materials but also offering the sophisticated atmosphere with comfortable and exclusive interior design that create customers dining experience with family, friends or business colleagues are memorable. Grand Sanur is a convenient lunch spot for business people, an convenient place for family gathering, favorite kitchen to order party food and of course, the most popular banquet hall for weddings, birthday party , seminary , company events, graduation celebrations, with maximum capacity is for 200 persons in hall of restaurant and VIP Room Maximum Capacity is for 30 Pax .

    Until now, Grand Sanur Restaurants keep working hard for the improvement and development of menus that supported with international standard of service quality and become an icon of well-known Chinese Food Restaurant in Bali.

    Grand Sanur Restaurants will always have a strong passion and desire to increasingly be better by giving the best for the customer and Chinese Food devotees.

    Visit Grand Sanur Chinese Cuisine and Seafood Restaurants to experience exquisite food, a wonderful environment and a unique experience that you are sure to enjoy.

    FOR RESERVATION PLEASE CALL US
    +62 361 729 028
    Mobile +62 857 3851 4128 / +62 821 4655 6528
    Jl. By Pass Ngurah Rai No. 91
    Pemogan, Denpasar, Bali, Indonesia
    Tel : +62 361 729 028 / Fax : +62 361 729 027
    EMAIL : reservations.grandsanur@yahoo.co.id
    WEB : http://www.grandsanur.co.id

    With my best regards & thanks

    Rudy K Sihombing
    General Manager
    Grand Sanur Restaurant Bali
    Jl. By Pass Ngurah Rai No. 91
    Pemogan, Denpasar, Bali, Indonesia
    Mobile : +6282146556528
    Phone : 0361 729 028
    Fax : 0361 729 027
    Email : gm.grandsanur@ymail.com
    FaceBook : http://www.facebook.com/profile.php?id=100003082857134
    Find our Location Map :
    https://foursquare.com/v/grand-sanur-seafood/4e0c64c7fa76eaf8b39c90e0

  2. 2

    choky S said,

    DI JUAL VILLA MODERN MINIMALIS
    MURAH & TEPAT GUNA INVESTASI DI BALI
    VILLA FOR SALE WITH MODERN MINIMALIST
    CHEAP & APPROPRIATE INVESTMENT IN BALI

    VILLA MODERN MINIMALIS
    Dengan Konsep Bisa Buat Bisnis
    di PULAU BALI
    MINIMALIST MODERN VILLA
    with Concept Could Create Business
    in BALI ISLAND
    FOR ENGLISH VERSION
    CALL US

    SERTIFIKAT HAK MILIK ( SHM )
    Luas Tanah : 4 Are
    Bangunan dengan 3 Lantai
    Luas Bangunan yang Terpakai Lebih Kurang 2 Are
    Fasilitas Villa :
    Kolam Renang Dilantai 2
    Listrik 4.400 W
    Whater Heater
    TV CABLE
    Furniture Lengkap
    Lantai I :: Kantor / Tempat Usaha , 1 Tempat Tidur / Gudang, Kamar Mandi Umum
    Lantai II :: Kolam Renang , Dapur , kamar Mandi , Ruang Keluarga , Gazebo
    Lantai III :: Tempat Tidur , 2 kamar Mandi

    Lokasi Strategis
    Di Perempatan Jalan Besar / Hotmix ( dapat 2 jalan Hadap Selatan & Barat )
    Dekat Pusat Pertokoan Tiara Gatzu Barat

    HARGA : 6,5 MILYAR NETT

    MOHON MAAF JIKA TANPA PERANTARA !
    APABILA ANDA BERMINAT UNTUK BELI VILLA HUBUNGI SAYA

    Berminat & Jika Mau Cek Lokasi
    HUB : 0857 3851 4128
    0819 1653 9805
    EMAIL :: bali4future@yahoo.com


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: