Task SoftSkill III (interaksi budaya)

Factors of the establishment of the different types of societies :

  1. Factor kepentingan yang sama (common interest)
  2. Factor darah/ keturunan yang sama (common in cestry)
  3. Factor geografis : keterlibatan kumpulan orang-orang  yang mempunyai hubungan dan berinteraksi dalam suatu lingkungan yang sama yang kemudian membentuk suatu kelompok social.
  4. Faktor daerah asal yang sama : Kedekatan geografis daerah asal kesamaan daerah terkadang dijadikan dasar sebagai terbentuknya kelompok social, hal ini terjadi di daerah perantauan yaitu sekolompok orang yang merantau berinteraksi dengan orang yang sama-sama merantau dan berasal dari daerah yang sama.

 

Types of Indonesian societies according to me :

 

  1. gotong royong, merupakan tradisi masyarakat Indonesia yang sejak lama dilakukan untuk meringankan suatu pekerjaan dan agar tercipta suatu kebersamaan dalam bermasyarakat.
  2. toleransi , karena di Indonesia memiliki keanekaragaman baik budaya, ras, maupun agama. Maka masyarakat Indonesia saling bertoleransi satu sama lain sehingga terciptanya kerukunan dalam berbangsa.
  3. konflik, di Indonesia banyak sekali konflik yang terjadi antara dua kelompok berbeda, baik itu konflik agama, atau konflik antar suku. Konflik jika dibiarkan berlarut-larutdan berkepanjangan serta tidak ditangani akan menimbulkan terjadinya disintegrasi sosialuang berkepanjangan.
  4. pengaruh budaya asing, masyarakat Indonesia terutaa didaerah perkotaan akan lebih cepat menerima adanya perubahan dibandingkan dengan masyarakat tradisional. Kemudahan menerima pengaruh budaya asing menyebabkanmasyarakat Indonesia memiliki kebudayaan yang beragam.

 

Norms in societies :

Norma sosial merupakan aturan social yang khusus  mengenai  tingkah laku, sikap dan perbuatan yang dilengkapi dengan sanksi untuk menekankan perorangan, kelompok dan masyarakat dalam membatasi setiapa perbuatan yang dilakukannya. Norma yang diberlaukan di masyarakat ada 5 yaitu norma social, norma hukum, norma sopan santun, norma agama dan norma moral.

 

Leave a comment